Berita

Hadiri Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 BPS Kabupaten Lombok Tengah, Bupati Minta Masyarakat Turut Sukseskan Sensus!
Blog Single

Hadiri Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 BPS Kabupaten Lombok Tengah, Bupati Minta Masyarakat Turut Sukseskan Sensus!

Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri S.IP. meminta masyarakat untuk turut menyukseskan Sensus Pertanian 2023 dengan menyampaikan data terkait pertanian secara jujur. Perihal ini disampaikan Miq Hul panggilan akrab Bupati pada saat Acara Sosialisasi Sensus Pertanian 2023, bertempat di hotel Illira Lite Rabu (21/6). 


Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPS Lombok Tengah Syawaludin Siregar, ST. M.Si, Kepala Badan BPS Propinsi, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Baperin, para Camat serta unsur Penyuluh.


"Kepada kelompok tani serta masyarakat terimalah petugas sensus yang datang dan jawab pertanyaan dengan benar, jawaban kita semua akan menjadi landasan atas pembangunan kedepannya," kata Bupati HL. Pathul.


Bupati menilai, sensus pertanian sangat strategis dilakukan satu kali dalam 10 tahun. Selain itu sensus pertanian perlu dilakukan karena juga berhubungan dengan hajat orang banyak.


Sektor pertanian juga memberi kontribusi besar pada sektor perekonomian nasional maupun di Kabupaten Lombok Tengah

Bahkan Bupati mengakui bahwa saat ini di Lombok Tengah pembangunan sangat pesat,hal ini juga berimbas pada perekonomian serta taraf hidup masyarakat. “Di Loteng tak ada yang berumah di Kolong Jembatan.” jelasnya.


"Untuk itu kita membutuhkan ketersediaan data yang akurat untuk acuan bagi pemerintah daerah dalam merencanakan maupun merumuskan kebijakan-kebijakan baik untuk kepentingan kita maupun pembangunan ," kata Bupati.


Bupati juga berharap, sensus pertanian tersebut menjadi potret dan struktur pertanian terutama unit administrasi terkecil sehingga dapat digunakan untuk tolok ukur.

"Kami berharap Sosialisasi ini akan menjadi langkah awal untuk kita, BPS bersama dengan Dinas/OPD serta rekan media, untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 yang dilaksanakan pada 1 Juni s.d. 31 Juli 2023 ini.” Harap Bupati.


Sementara itu Kepala BPS Lombok Tengah  Syawaludin Siregar ST. M.Si dalam sambutannya menjelaskan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ST 2023 ini adalah untuk menghimpun dukungan terhadap pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 dari dinas/OPD terkait, asosiasi perusahaan/organisasi yang bergerak di bidang pertanian, perternakan, perikanan, kehutanan, serta masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan ST 2023 dan mencapai 100% respons rate. Serta meminta dukungan dari rekan media untuk menyebarluaskan informasi seputar ST 2023 kepada masyarakat.

#prokopimloteng

Related Posts: