Berita

Serius Sekolahkan Para Tahfidz Kedokteran, Bupati Lombok Tengah Datangi UPN Veteran Jakarta
Blog Single

Serius Sekolahkan Para Tahfidz Kedokteran, Bupati Lombok Tengah Datangi UPN Veteran Jakarta

Keseriusan Bupati Lombok Tengah menyekolahkan Calon penerima beasiswa Kedokteran jalur Tahfiz tak diragukan lagi. Dari kampus ke kampus Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri berjalan menemui Rektor untuk menjalin kerjasama. Setelah bertemu Rektor Unram dan Unizar, Pathul Bahri yang juga ketua PCNU Kabupaten Lombok Tengah  itu bertemu dengan Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Ruang Kerja Rektor UPN Jakarta Selasa, 13 Juni 2023.


Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya melalui virtual di Kabupaten Lombok Tengah. Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Lombok Tengah itu untuk membahas rencana kerjasama kedua belah pihak dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan kesehatan. Dekan Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta Dr. Ermatita, S.Com mengatakan kerjasama yang dibangun Pemda Lombok Tengah dengan pihak UPN ini merupakan titik tolak untuk kerjasama selanjutnya. Salah satu bentuk kerjasama yang pihak UPN tawarkan adalah dengan menempatkan KKN UPN ke Lombok. "Mudah mudahan tahun depan kita akan KKN kan mahasiswa kita ke Lombok" ujarnya.


Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran dr. Erna Harfiani M. Si. bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menambahkan merupakan suatu kebahagiaan bisa kerjasama dengan Pemda Loteng. Untuk diketahui, di Fakultas Kedokteran UPN banyak mahasiswa yang hafal Alquran dari 10-30 juz. Sebelumnya UPN sudah melakukan kerjasama dengan Pemda Fak-fak Papua sebanyak 5 orang. "Kami akan seleksi ke Lombok Tengah sendiri untuk memberikan motivasi kepada calon mahasiswa karena dimana pun sekolah kedokteran sangat sulit dan berat" ujarnya.


Sementara itu Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Anter Venus MA. Comm menyambut baik kerjasama ini. UPN Veteran Jakarta sendiri saat ini sudah terakreditasi unggul tidak banyak perguruan tinggi yang bisa dapat sehingga membuat UPN semakin diminati oleh masyarakat. Dia mengapresiasi kerjasama dengan Pemkab Lombok Tengah terlebih lagi kerjasama yang dibangun adalah dalam rangka peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia khususnya penghafal Al-Qur'an.


UPN sudah menggunakan jalur prestasi salah satunya adalah penghafal Al-Qur'an dan pihak universitas sendiri sudah menerapkan jalur itu meskipun tidak 30 juz. "universitas sendiri akan menguji kemampuan hafalan dari calon mahasiswa penerima beasiswa Kedokteran tersebut" jelasnya. Pendaftaran mahasiswa mekanisme sama dengan fakultas lain di UPN. Setiap mahasiswa yang akan menjadi mahasiswa di UPN harus datang sendiri ke UPN untuk registrasi dan menyelesaikan persyaratan lainnya. Terkait dengan kerja sama peningkatan kompetensi SDM di Lombok Tengah melalui pelatihan literasi digital bidang IT dan Kesehatan. 


Sementara itu Bupati Lombok Tengah H. L. Pathul Bahri mengatakan pembangunan Kabupaten Lombok Tengah begitu pesat. Ada sirkuit Mandalika, ada Poltekpar, IPDN, Bandara Internasional Lombok ditetapkan Presiden, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, keberadaan ITDC dan lembaga lembaga lain, semua itu karena doa anak yatim-piatu.


Tidak itu saja peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia melalui jalur birokrasi dan pendidikan juga cukup melonjak. Tahun lalu Kabupaten Lombok Tengah menerima quota P3K jalur guru sebanyak 1862 orang, dan tahun ini tenaga kesehatan dapat jatah 1031 orang. Ini merupakan angka penerimaan P3K sangat pantastis. Semua yang diperoleh oleh Lombok Tengah itu tidak lepas dari Doa Doa Anak Yatim berkat peraturan Bupati tentang Rahman Rahim Day atau hari kasih sayang. "Kami sangat serius menyekolahkan anak anak kami yang kurang mampu ke jenjang perguruan tinggi seperti kedokteran dan fakultas lainnya" jelasnya.


Dia berharap melalui kerjasama ini, hubungan silaturahmi antara UPN Veteran Jakarta dengan Pemkab Lombok Tengah semakin erat sebab tidak menutup kemungkinan nanti Pemda Loteng akan mengirimkan ASN untuk peningkatan kualitas SDM ke UPN Veteran Jakarta.

#prokopimloteng

Related Posts: